Pembenihan Ikan Patin

Sabtu

PENDAHULUAN

Patin Siam (Pangasianodon hypophthalmus) merupakan salah satu jenis ikan yang populer di masyarakat. Ikan ini berasal dari Thailand dan pertama kali didatangkan ke Indonesia pada tahun 1972 oleh Balai Penelitian Perikanan Air Tawar Bogor. Sebutan lain Patin Siam adalah lele bangkok atau pangasius dan di negara asalnya disebut ”Pla Sawai”.
Karena sudah cukup lama di Indonesia dan memiliki berbagai kelebihan dibandingkan  ikan lainnya, Patin Siam termasuk ikan yang mudah diterima masyarat dan sudah menyebar hampir keseluruh pelosok tanah air. Maka tak heran, di masa yang akan datang ikan ini menjadi salah satu komoditas andalan di Indonesia.

BIOLOGI

Phylum             : Chordata
Sub Phylum      : Vertebrata
Super Class      : Pisces
Class                : Ostechtyes
Sub Class         : Actinopterygii
Bangsa             : Ostariophysi
Marga              : Pangasius
Jenis                 : Pangasianodon hypophthalmus

Badan memanjang, bentuk tubuh pipih, tidak bersisik, kepala kecil, mata kecil, mulut di ujung kepala dan lebar, mempunyai 2 pasang kumis, sirip punggung kecil dan tinggi, mempunyai adipose fin, warna punggung abu-abu kehitaman dan perut berwarna perak.
Patin siam merupakan ikan sungai yang banyak ditemukan di Asia Tenggara, seperti Thailand, Kamboja, Laos, Burma, dan Vietnam. Hidup disungai yang dalam, agak keruh, dasar berlumpur, dan 25 s/d 30° C.
Patin siam termasuk ikan Omnivora, namun pada saat larva bersifat carnivora. Makanan yang disukainya Brachionus sp., Crustacea, Cladocera. Larva yang baru habis kuning telurnya mempunyai sifat kanibal yang tinggi.
Induk Patin siam sudah mulai dapat dipijahkan setelah berumur 4 tahun dan memijah pada musim hujan.
  
PEMBENIHAN

Pemeliharaan Induk
Induk-induk dipelihara di kolam khusus dengan kepadatan 1 s/d 2 kg/m2. Makanan yang di berikan berupa pellet sebanyak 3 % per hari dan di berikan 3 kali per hari.
Tanda-tanda induk yang matang gonad :
Betina : perut nampak besar, lembek dan lubang kelamin berwarna kemerahan, diameter telur 1-1,2 mm.
Jantan : Lubang kelamin berwarna kemerahan dan bila di pijit kearah lubang kelamin akan keluar cairan berwarna putih (sperma).

Pemijahan
Pemijahan hanya baru bisa dilakukan secara buatan, yaitu dengan menyuntikan hormon perangsang yang berasal dari kelenjar hipofisa ikan mas, LHRH-a. Hormon dapat diperoleh dipasaran dengan merek dagang ovaprim.
Induk betina disuntik 2 kali selang waktu 12 jam, penyuntikan pertama ke kedua. Apabila menggunakan kelenjar hipofisa penyuntikan pertama sebanyak 1 dosis, penyuntikan kedua sebanyak 2 dosis, tetapi bila menggunakan LHRH-a (ovaprim) dengan dosis 0,5 cc/kg induk. Penyuntikan pertama 1/3 bagian dan penyuntikan kedua 2/3 bagian.
Induk jantan disuntik satu kali yaitu 1/3 dosis LHRH-a (ovaprim), apabila menggunakan hipofisa sebanyak 1 dosis. Penyuntikan  dilakukan bersamaan dengan penyuntikan kedua induk betina .
Setelah 6 s/d 12 jam dari penyuntikan kedua, induk betina diperiksa setiap 1 jam sekali, apabila sudah terjadi ovulasi maka dilakukan striping yaitu dengan mengurut bagian perut dari depan kearah lubang kelamin, telurnya ditampung di dalam wadah/baki plastik.
Pada saat yang bersamaan, induk jantan juga distriping dan spermanya di tampung pada mangkok. Kemudian ditambahkan larutan fisiologis (NaCI 0,9 %) serta diaduk menggunakan bulu ayam selama 1 s/d 2 menit.
Campurkan sperma yang sudah diencerkan kedalam telur, kemudian aduk menggunakan bulu ayam sampai merata, kemudian telur ditebar pada tempat penetasan.

Penetasan Telur
Penetasan Telur dilakukan di dalam akuarium yang di lengkapi dengan aerasi dan water heater. Suhunya 27 s/d 29° C. Biasanya telur akan menetas dalam waktu 18 s/d 24 jam. Atau menggunakan corong penetasan tetapi sebelum dimasukan harus dihilangkan terlebih dahulu dayarekat telurnya menggunakan tanin atau cairan tanah lempung.
 
Pemeliharaan Larva
Pemeliharaan larva dilakukan di akuarium untuk penetasan, namun sebelumnya air kotor serta sisa telur yang tidak menetas harus dibuang dan diganti dengan air bersih agar kualitas air tetap baik atau dalam bak plastik. Penggantian air harus dilakukan setiap hari sampai larva siap ditebarkan ke kolam. Padat penebaran larva 50 s/d 75 ekor/liter. Larva yang berumur 2 hari diberi pakan berupa nauplii artemia sampai berumur 6 hari. Setelah itu larva diberi cacing sutra sampai berumur 14 hari.
 
Pendederan
Persiapan kolam pendederan dilakukan seminggu sebelum penebaran larva yang meliputi : pengeringan, perbaikan pematang, pengolahan tanah dasar dan pembuatan kemalir.
Pengapuran dilakukan dengan melarutkan kapur tohor ke dalam ember, kemudian disebarkan ke seluruh dasar kolam. Dosisnya 50 s/d 100 gram/m2.
Pemupukan dengan menggunakan kotoran ayam. Dosis pemupukan 500 s/d 1.000 gram/m2, kemudian diisi air setinggi 40 cm. Biarkan kolam selama 4 hari untuk memberi kesempatan pakan alami tumbuh.
Benih ditebar pada pagi hari dengan kepadatan 100 s/d 200 ekor/m2.
Pendederan dilakukan selama 21 hari, dan memberikan pakan tambahan setiap hari berupa tepung pellet sebanyak 0,75 gr/1.000 ekor.

PENYAKIT
Penyakit yang sering menyerang patin siam adalah parasit. Pencegahan dapat dilakukan dengan menebarkan garam dapur sebanyak 200 gr/m3 setiap 10 hari selama masa pemeliharaan.

lintasberita

1 komentar:

Anonim mengatakan...

ada gak artikel atau jurnal yang menyatakan kalau ikan patin itu kanibal, aku udah cari2 tapi belum dapet2

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudi mampir di blog ini. bagi teman-teman kepengen tukar link silahkan isi id saya dengan format di bawah ini http://sinar-fals.blogspot.com/ name : dunia perikanan apabila sudah terpasang konfirmasi boleh melalui buku tamu. maka saya akan link balik blog teman-teman. link sahabat
  • DESPARADOS@MOVIE
  • BLOGING LIFE
  • Intlegent Blog
  • tipsh4re
  • bicara bola
  • Artikel Komputer
  • Berbagai Informasi
  • Panduan dan Tutorial Gratis
  • Areal Usaha
  • Gufron Dot Com
  • informasi seputar komputer dan bisnis online
  • Tutorial, tips, trik, Make Money
  • Dan seterusnya sesuai link yang akan dimasukan
  • Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.dst
     
     
     
    mari sama-sama kita tingkatkan trafik di linkreferral

    aaaaaaa


    Get this widget!