Kerang Pisau/Lorjak

Rabu

Lorjuk termasuk sejenis binatang laut yang masih termasuk keluarga kerang – kerangan. Lorjuk merupakan istilah lain dari kerang pisau atau kerang bambu.
Kemungkinan besar lorjuk menjadi populer karena diambil dari nama daerah kerang pisau itu sendiri yaitu Lorjuk. Lorjuk juga banyak ditemukan di daerah Pantai Kenjeran Surabaya, Perairan Kwanyar Sidoarjo dan Perairan Madura.

Lorjuk, Kerang Pisau yang Kian Langka

Lorjuk memiliki nama latin Solen grandis. Berdasarkan klasifikasinya Lorjuk atau kerang bambu ini tergolong dalam Phylum Mollusca, Class Bivalvia, Ordo Veneroida dan Famili Solenidae. Lorjuk memiliki cangkang yang panjang dengan dua sisi paralel. Tubuhnya kecil memanjang, salah satu ujungnya berbentuk runcing seperti mata pisau. Kadang Lorjuk menarik badannya masuk ke dalam pasir untuk berlindung dari musuh. Di beberapa negara Lorjuk atau kerang pisau ini dikenal juga dengan beberapa nama seperti “razor clam” atau “jacknife”.
Proses penangkapan lorjuk cukup sulit karena diperlukan alat khusus dan kelihaian nelayan. Sampai saat ini teknik dan alat tangkap yang digunakan masih bersifat tradisional. Nelayan biasanya menggunakan linggis yang berfungsi untuk menggali pasir tempat Lorjuk berada. Proses penggalian pasir pun harus menunggu air lautan surut. Selanjutnya untuk menemukan Lorjuk, nelayan harus tetap menggali pasir yanga ada di area fishing around, karena tidak ada ciri khusus untuk menandakan tempat lorjuk bersembunyi. Untuk itu, kesabaran dan keberuntungan menjadi faktor penentu dalam berburu lorjuk.
Beberapa tahun terakhir, kelompok nelayan yang ada disekitar Pantai Kenjeran Surabaya menemukan teknik baru untuk mendapatkan kerang pisau ini dalam jumlah banyak. Nelayan yang pada saat itu menggunakan alat tangkap bernama “Kerok – kerok” yang berfungsi sebagai penggali pasir, kemudian beralih menggunakan batu gamping dan sabun. Dengan cara menaburkan serpihan batu gamping dan air sabun di area fishing grond (biasanya berjarak 500 – 1000 meter dari pinggir pantai) dan dilakukan saat air laut pasang. Lalu menunggu dengan waktu yang tidak terlalu lama, Lorjuk ini akan muncul sendiri ke atas permukaan air laut, sehingga nelayan bisa dengan mudah mengumpulkannya.
Sampai sejauh ini, teknik ini masih bisa dibilang sangat efektif. Bagaimana tidak, dengan teknik ini nelayan bisa mengumpulkan 50kg tiap kali tebar, sedangkan kalau menggunakan alat tradisional nelayan hanya bisa mendapatkan 3-4kg tiap kali tangkap. Perbedaan yang cukup signifikan ini membuat teknik baru ini pun perlu dicermati, agar hasilnya tidak mencemari lingkungan dan kualitas hasil tangkapan pun terjaga.
Dalam proses pengolahan Lorjuk ini sendiri memerlukan beberapa tahap yaitu :
Lorjuk segar hasil tangkapan ini dicuci untuk membuang pasir laut, Kemudian setelah bersih, direbus selama 1,5 jam hingga kulit/cangkangnya mengelupas sendiri, Selanjutnya Lorjuk ini dijemur selama 4 jam, Setelah kering daging lorjuk ini dipisahkan dari kulitnya, Keringkan kembali daging Lorjuk selama 6 jam, Setelah daging Lorjuk yang benar – benar kering tersebut bisa dipasarkan ataupun diolah lebih lanjut.
Lorjuk yang dijual sebagian besar dalam bentuk matang atau sudah digoreng. Untuk menghasilkan 1kg Lorjuk goreng, pedagang membutuhkan bahan baku Lorjuk segar sekitar 33–35kg. Sebenarnya rendemen Lorjuk kering sekitar 5%, namun karena pada saat Lorjuk di goreng mengalami penyusutan sehingga rendemennya menjadi sekitar 3%. Meskipun rendemennya sangat kecil, namun para pedagang lorjuk tetap tergiur untuk terus mencari dan mengumpilkan bahan baku Lorjuk. Tidak lain dan tidak bukan, alasannya karena nilai jual produknya sangat tinggi.
Untuk memperluas segmentasi pemasaran, beberapa media televisi seperti JTV, Arek TV, dan RCTI juga gencar utuk mempromosikan produk lokal ini agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.
Semakin langkanya Lorjuk menyebabkan harganya kian meningkat. Beberapa jenis makanan dan snack berbahan baku lorjuk yang telah dikreasikan oleh masyarakat, yaitu kacang goreng lorjuk, soto lorjuk, petis lorjuk, bothok lorjuk, dan rangginang lorjuk. 


http://www.perikanan-budidaya.kkp.go.id



lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudi mampir di blog ini. bagi teman-teman kepengen tukar link silahkan isi id saya dengan format di bawah ini http://sinar-fals.blogspot.com/ name : dunia perikanan apabila sudah terpasang konfirmasi boleh melalui buku tamu. maka saya akan link balik blog teman-teman. link sahabat
  • DESPARADOS@MOVIE
  • BLOGING LIFE
  • Intlegent Blog
  • tipsh4re
  • bicara bola
  • Artikel Komputer
  • Berbagai Informasi
  • Panduan dan Tutorial Gratis
  • Areal Usaha
  • Gufron Dot Com
  • informasi seputar komputer dan bisnis online
  • Tutorial, tips, trik, Make Money
  • Dan seterusnya sesuai link yang akan dimasukan
  • Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.dst
     
     
     
    mari sama-sama kita tingkatkan trafik di linkreferral

    aaaaaaa


    Get this widget!