BENIH IKAN NILA

Minggu

PENINGKATAN MUTU BENIH IKAN NILA MELALUI PENERAPAN TEKNIK PERSILANGAN

Peningkatkan produksi budidaya ikan nila antara lain dapat dilakukan melalui perbaikan kualitas benih melalui persilangan atau persilangan. Persilangan dilakukan dengan cara memijahkan antar kelompok populasi. Di Balai Budidaya Air Tawar (BBAT) terdapat lima kelompok populasi nila yaitu (nilah hitam Chitralada, nila hitam GIFT, nila hitam Lokal ("T69"), nila merah Pilipina, dan nila merah NIFI) sehingga persilangan ini dilakukan antarwarna (merah dan hitam) dan intra (hitam dan hitam). Persilangan antarwarna dimaksudkan untuk menghasilkan benih nila berwarna merah dan persilangan intra dimaksudkan untuk mendapatkan benih nila hitam, dengan harapan kualitas benih yang dihasilkan akan lebih baik dari pada benih turunan induknya.
Pada setiap persilangan tersebut, dilakukan pengamatan pertumbuhan relatif, komposisi atau pola warna, dan penampilan fisik Hasil pengamatan menunjukan bahwa pada persilangan silang antara nila merah Filipina dengan nila hitam GIFT (SPG) mempunyai pertumbuhan relatif yang lebih tinggi, penmpilan fisik lebih baik dibandingkan dengan hasil persilangan lain maupun dengan turunan nila merah Filipina itu sendiri. Pada kombiasi SPG ini masih muncul benih nila hitam sebesar 11,3%. Persilangan antara Chitralada dengan GIFT mempunyai pertumbuhan relatif lebih tinggi bila dibandingkan dengan hasil persilangan lain maupun dengan turunan nila GIFT itu sendiri. Tetapi dari segi penampilan fisik masih sedikit dibawah penampilan fisik nila hitam GIFT.


Kebiasaan dan penyebaran

Ikan nila dilaporkan sebagai pemakan segala (omnivora), pemakan plankton, sampai pemakan aneka tumbuhan sehingga ikan ini diperkirakan dapat dimanfaatkan sebagai pengendali gulma air.
Ikan ini sangat peridi, mudah berbiak. Secara alami, ikan nila (dari perkataan Nile, Sungai Nil) ditemukan mulai dari Syria di utara hingga Afrika timur sampai ke Kongo dan Liberia. Pemeliharaan ikan ini diyakini pula telah berlangsung semenjak peradaban Mesir purba.
Karena mudahnya dipelihara dan dibiakkan, ikan ini segera diternakkan di banyak negara sebagai ikan konsumsi, termasuk di pelbagai daerah di Indonesia. Akan tetapi mengingat rasa dagingnya yang tidak istimewa, ikan nila juga tidak pernah mencapai harga yang tinggi. Di samping dijual dalam keadaan segar, daging ikan nila sering pula dijadikan fillet.

Nilai gizi

Ikan nila dan mujair merupakan sumber protein hewani murah bagi konsumsi manusia. Karena budidayanya mudah, harga jualnya juga rendah. Budidaya dilakukan di kolam-kolam atau tangki pembesaran. Pada budidaya intensif, nila dan mujair tidak dianjurkan dicampur dengan ikan lain karena memiliki perilaku agresif.
Nilai kurang bagi ikan ini sebagai bahan konsumsi adalah kandungan asam lemak omega-6 yang tinggi sementara asam lemak omega-3 yang rendah. Komposisi ini kurang baik bagi mereka yang memiliki penyakit yang berkait dengan peredaran darah
 
 jenis ikan nila

  • Oreochromis niloticus baringoensis Trewavas, 1983
  • Oreochromis niloticus cancellatus (Nichols, 1923)
  • Oreochromis niloticus eduardianus (Boulenger, 1912)
  • Oreochromis niloticus filoa Trewavas, 1983
  • Oreochromis niloticus niloticus (Linnaeus, 1758)
  • Oreochromis niloticus sugutae Trewavas, 1983
  • Oreochromis niloticus tana Seyoum & Kornfield, 1992
  • Oreochromis niloticus vulcani (Trewavas, 1983)
Ikan nila berkerabat dekat dengan mujair (Oreochromis mossambicus). Dan sebagaimana kerabatnya itu pula, ikan nila memiliki potensi sebagai ikan yang invasif apabila terlepas ke badan-badan air alami.

sumber : wikipedia.org

keyword
makanan ikan,penyakit ikan,ikan air tawar,jenis ikan,budidaya ikan,ikan hias,ikan laut,ikan indonesia,artikel perikanan,contoh artikel,laut indonesia,gambar makanan,ikan tuna,harga ikan,morfologi ikan,kolam ikan,memelihara ikan,ikan arwana,klasifikasi ikan,makan ikan,telur ikan,jenis ikan air tawar

lintasberita

2 komentar:

dealer pulsa mengatakan...

bisa dijadikan perbaikan gizi keluarga sekaligus peluang usaha

bramasta_09 mengatakan...

UD. NABILA FARM

Kami petani ikan air tawar dari Sleman-Yogyakarta yang sudah berpengalaman, menyediakan segala macam bibit ikan air tawar unggul dan bermutu tinggi. Melayani pengiriman keluar kota dan luar pulau.
Bibit yang kami hasilkan adalah bibit berkualitas, telah terbukti dengan penanganan yang baik dan benar bibit hasil dari produksi kami dapat berkembang dengan baik dan cepat pertumbuhannya. Berikut kami informasikan data dari tempat usaha pembibitan kami :

Komoditas : PATIN, BAWAL, MAS, TAWES, GRASCAP, NILA, GURAMI
Sistem : Intensif
Pengangkutan : Dikemas plastic polyteline dalam kotak styrofoam penahan panas
Kota tujuan : Seluruh Indonesia

KAPASITAS PENGIRIMAN / BOX :
BAWAL ukuran ¾ inci = 7000 ekor, 1 inci = 6000 ekor, 1 inci up = 5000 ekor
PATIN ukuran 1 inci – 1 inci up = 6000 - 7000 ekor
IKAN MAS ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5500 ekor, 3-5 = 5000 ekor
TAWES ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
GRASKAP ukuran 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor
NILA ukuran larva = 50.000 ekor, 2-3 = 6000 ekor, 3-5 = 5000 ekor, 4-6 = 4000 ekor
GURAMI ukuran telur = 50.000 butir, 2-3 = 6000 ekor, 3-4 = 5000 ekor, 3-5 = 4000 ekor, 4-6 = 2500 ekor, 5-7 = 2000 ekor, Jempol = 1250 ekor
Untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya pengambilan langsung ke kolam kami minimal 1000 ekor benih.

Informasi harga murah berkwalitas silahkan contak person Andy 085753563403 / 081227354545, kunjungi blog kami di www.abenih.blogspot.com atau datang langsung ke lokasi pembibitan kami di Jl.Kaliurang Km 13,5 Sleman - Yogyakarta (10 meter selatan dealer Honda AHASS)
Datang…Lihat dan tentukan yang terbaik bagi anda.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudi mampir di blog ini. bagi teman-teman kepengen tukar link silahkan isi id saya dengan format di bawah ini http://sinar-fals.blogspot.com/ name : dunia perikanan apabila sudah terpasang konfirmasi boleh melalui buku tamu. maka saya akan link balik blog teman-teman. link sahabat
  • DESPARADOS@MOVIE
  • BLOGING LIFE
  • Intlegent Blog
  • tipsh4re
  • bicara bola
  • Artikel Komputer
  • Berbagai Informasi
  • Panduan dan Tutorial Gratis
  • Areal Usaha
  • Gufron Dot Com
  • informasi seputar komputer dan bisnis online
  • Tutorial, tips, trik, Make Money
  • Dan seterusnya sesuai link yang akan dimasukan
  • Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.dst
     
     
     
    mari sama-sama kita tingkatkan trafik di linkreferral

    aaaaaaa


    Get this widget!