Penyu Langka di tusukan Sate

Senin


BUKAN hanya telur yang marak dijual bebas di masyarakat. Daging hewan yang mampu menempuh jarak sejauh 3.000 kilometer dengan waktu sekitar 58-73 hari ini, juga diolah menjadi sate.

"Pencurian telur biasanya dilakukan masyarakat nelayan sekitar dan telur ini di perdagangkan di salah satu pom bensin di Krui," kata Kepala Seksi Pesisir Dinas Kelautan dan Perikanan Lampung Barat



Nazdan menjelaskan, pihaknya masih bisa menghitung populasi penyu betina. Caranya dihitung saat mendarat untuk bertelur di pantai. Sementara populasi jantan tidak bisa dihitung  karena tersebar di lautan.

Jumlahnya hanya bisa diketahui berdasarkan keberadaan tingkah laku reproduksi dari tiap jenis penyu. Terutama saat musim bertelur. Siklus bertelur penyu juga beragam mulai dari 2 hingga 8 tahun sekali.

"Berdasarkan hasil penelitian satu ekor penyu jantan bisa membuahi tiga ekor betina dalam satu musim reproduksi. Jadi kita asumsikan saat ini jumlah populasi penyu jantan sekitar 102 ekor, di dasarkan jumlah induk betina saat ini," kata Nazdan.

Empat spesies penyu yang terpantau di Lambar yakni penyu lekang, penyu hijau, penyu belimbing, dan penyu sisik. Spesies ini ditemukan dan berkembang biak di wilayah pesisir barat Lampung tepatnya di Kecamatan Lemong daerah pesisir utara, tengah dan selatan.

Keberadaan keempat hewan yang masuk dalam kelompok vertebrata kelas reptilia yang bernapas dengan paru-paru ini terdeteksi sejak tahun 2003. Lemong merupakan tempat makan (foraging habitas), seluruh jenis penyu di Lambar.

Sedangkan di Kecamatan Bengkunat kini masih menjadi tempat bertelur penyu (nesting area).Hasil pengamatan dan pengukuran pantai yang menjadi tempat bersarang penyu memiliki luas sekitar 530 hektare.

Saat ini jumlah populasi penyu mulai menyusut menjadi sekitar 308 induk betina. Rinciannya penyu hijau (chelonia mydas) 135 ekor, penyu sisik (erethmochelys imbricata) 19 ekor, penyu belimbing (dermochelys coreacea) 33 ekor, dan penyu lekang  (lepidochelys olivacea) 121 ekor.

Dari keempat jenis hewan yang memiliki sepasang tungkai berupa kaki pendayung untuk berenang ini, penyu jenis belimbing merupakan yang terbesar. Ukurannya bisa mencapai panjang
2,75 meter dengan bobot mencapai 900 kg. Sedangkan penyu lekang adalah jenis terkecil. Beratnya biasanya mencapai 50 kilogram. Sementara penyu hijau termasuk yang paling sering ditemukan di Bengkunat.

Menurut Nazdan, sejak 2003 upaya-upaya pelestarian penyu sudah dilakukan. Langkah yang dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi bentuk-bentuk pelanggaran yang dilakukan manusia.

Untuk upaya pelestarian hewan yang terancam punah ini kata Nazdan, pihaknya bekerja sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Mitra Bentala Lampung. Program yang sudah dilakukan yakni penguatan kelompok nelayan yang bertugas melindungi penyu dari kepunahan.

DKP juga telah mendirikan kawasan konservasi laut daerah penyu seluas 5.741, 32 hektare. Letaknya di Desa Muara Tembulih, Sukanegara, Gedung Cahaya Kuningan di Kecamatan Ngambur. Daerah ini juga menjadi pusat penangkaran penyu di Lambar.

Sumber: Tribunlampung.co.id

makanan ikan,penyakit ikan,ikan air tawar,jenis ikan,budidaya ikan,ikan hias,ikan laut,ikan indonesia,artikel perikanan,contoh artikel,laut indonesia,gambar makanan,ikan tuna,harga ikan,morfologi ikan,kolam ikan,memelihara ikan,ikan arwana,klasifikasi ikan,makan ikan,telur ikan,jenis ikan air tawar

lintasberita

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudi mampir di blog ini. bagi teman-teman kepengen tukar link silahkan isi id saya dengan format di bawah ini http://sinar-fals.blogspot.com/ name : dunia perikanan apabila sudah terpasang konfirmasi boleh melalui buku tamu. maka saya akan link balik blog teman-teman. link sahabat
  • DESPARADOS@MOVIE
  • BLOGING LIFE
  • Intlegent Blog
  • tipsh4re
  • bicara bola
  • Artikel Komputer
  • Berbagai Informasi
  • Panduan dan Tutorial Gratis
  • Areal Usaha
  • Gufron Dot Com
  • informasi seputar komputer dan bisnis online
  • Tutorial, tips, trik, Make Money
  • Dan seterusnya sesuai link yang akan dimasukan
  • Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.dst
     
     
     
    mari sama-sama kita tingkatkan trafik di linkreferral

    aaaaaaa


    Get this widget!