BUDIDAYA AIR TAWAR EKONOMIS PENTING

Sabtu

ndonesia dikenal memiliki Kekayaan sumber daya perikanan yang
cukup besar, terutama dalam perbendaharaan jenis-jenis ikan.
Diperkirakan sekitar 16% spesies ikan yang ada di dunia hidup di perairan Indonesia. Menurut data, total jumlah jenis ikan yang terdapat di perairan Indonesia mencapai 7.000 jenis (spesies). Hampir sekitar 2.000 spesies di antaranya merupakan jenis ikan air tawar.


Ikan air tawar merupakan jenis ikan yang hidup dan menghuni perairan daratan (inland water), yaitu perairan dengan kadar garam (salinitas) kurang dari 5 per mil (0-5%0). Menurut Kartamihardja, et.al. (2007), luas perairan daratan di Indonesia mencapai 54 juta ha. Angka tersebut mencakup perairan umum daratan dengan luas sekitar 13,85 juta ha (terdiri dari sungai dan paparan banjir seluas 12 juta ha,danau seluas 1,80 juta ha, dan waduk seluas 0,05 juta ha); rawa payau dan hutan bakau seluas 39,5 juta ha; dan perairan budi daya seluas 0,65 juta ha (mencakup kolam, sawah, dan tambak).


Dari sekitar 2.000 species ikan air tawar yang terdapat di Indonesia, sedikitnya ada 27 jenis yang sudah dibudidayakan. Ikan-ikan yang dibudidayakan tersebut merupakan jenis ikan konsumsi yang memiliki nilai ekonomis penting. Ikan ekonomis penting mengandung arti bahwa ikan-ikan tersebut merupakan jenis ikan yang memiliki nilai ekonomis tinggi untuk diperdagangkan dan dibudidayakan di tanah air. Hal ini sekaligus mengandung arti bahwa jenis ikan tersebut dikenal dan dikonsumsi secara luas oleh masyarakat, serta memiliki tingkat produksi yang tinggi jika dibudidayakan secara benar.

Pembudidayaan ikan air tawar ekonomis penting di Indonesia umumnya dilakukan di kolam-kolam budi daya; baik secara tradisional, semi-intensif, maupun intensif. Pembudidayaan ikan secara tradisional dan semi-intensif umumnya dilakukan di kolam dengan konstruksi sederhana. Sementara pembudidayaan intensif menggunakan prasarana yang lebih balk, seperti di kolam beton atau kolam air deras dengan pemberian pakan tambahan yang intensif.

Selain itu,pembudidayaan ikan ekonomis penting secara intensif juga banyak dilakukan dalam wadah khusus seperti di keramba jaring apung (KJA) yang ditempatkan di perairan umum daratan seperti di waduk, danau, atau keramba berbahan bambu atau kawat yang ditempatkan di sungai atau saluran irigasi.


Beberapa jenis ikan ekonomis penting lainnya juga ada yang dipelihara di sawah baik sebagai palawija (pemeliharaan ikan setelah padi dipanen sambil menunggu masa tanam selanjutnya),penyelang (pemeliharaan ikan sebelum penanaman padi, waktunya tidak terlalu lama menunggu padi di persemaian sampai siap untuk ditanam) atau minapadi (pemeliharaan ikan yang dilakukan bersamaan dengan penanaman atau pemeliharaan padi). Bahkan ada ikan air tawar jenis tertentu yang dipelihara di tambak atau sawah tambak yang berair payau, setelah melalui tahapan proses aklimatisasi dan adaptasi terlebih dahulu.


jenis-jenis ikan budi daya air tawar yang memiliki nilai ekonomis tinggi di Indonesia selain merupakan jenis ikan endemik (asli perairan Indonesia), sebagian lainnya merupakan ikan introduksi (ikan pendatang yang dimasukkan dari negara lain). Perpencaran geografis yang memisahkan wilayah Indonesia (berdasarkan garis Wallacea), memunculkan karakter yang berbeda dari .jenis-jenis ikan endemik di setiap wilayah.

sebagai contoh, di perairan Paparan Sunda (Sumatera, Jawa, dan Kalimantan) terdapat jenis-jenis ikan yang didominasi oleh ordo Ostariophysi. Di perairan daratan Paparan Sahul (Maluku dan Papua) didominasi jenis-jenis utama dari ordo Synentognathiformes. Sementara itu, di perairan daratan zona Wallacea nusa Tenggara dan sulawesi terdapat jenis-jenis utama dari ordo Goboide.

Namun beberapa dekade belakangan ini telah terjadi perpindahan masing-masing spesies, sehingga populasi jeniS ikan budi daya di masing-masing wilayah sudah semakin beragam.

Menurut Kartarnihardja, et.al. (2007), jumlah spesies ikan air tawar di Paparan Sunda sebagai berikut; di Pulau Sumatera terdapat sebanyak 272 spesies (30 spesies di antaranya merupakan ikan endemik); di Pulau Kalimantan terdapat 394 spesies (149 spesies endemik), di Pulau Jawa terdapat 132 spesies (12 spesies endemik), di Wallacea Line terdapat 68 spesies (52 spesies endemik), dan di Paparan Sahul terdapat 58 spesies (32 spesies endemik).


jenis-jenis ikan air tawar ekonomis penting yang sudah dikenal dan diperdagangkan secara luas di Indonesia saat ini adalah ikan mas, tawes, nilem, jelawat, semah, mola, kowan (grasscarp), hampal, patin, baung, lais, Iele lokal, lele dumbo, gurami, tambakan, bawal, sepat siam, gabus, betutu, mujair, nila, belut, sidat, papuyu, belida, serta bandeng (air tawar dan payau). Sebagian besar dari jenis-jenis ikan ekonomis penting tersebut sudah dibudidayakan secara tradisional, semi-intensif, maupun Intensif. Pembudidayaan secara intensif dilakukan untuk jenis-jenis ikan yang teknik pembenihan dan pembesarannya sudah dikuasai dengan baik. Sementara pembudidayaan jenis-jenis ikan yang sulit dipijahkan, ,umumnya masih dilakukan secara tradisional serta masih mengandalkan benih hasil tangkapan alam.


Sementara itu, jenis-jenis ikan ekonomis, penting yang teknologi
pembenihan dan pembesarannya sudah dikuasai dengan baik dan sudah disebarluaskan ke berbagai daerah di tanah air adalah jenis ikan mas, nila, lele lokal, lele dumbo, patin, gurami, baung, mola, tawes, belut, bandeng, nilem, serta grasscorp. Khusus untuk nila, mas, patin, lele dumbo, dan gurami merupakan jenis ikan ekonomis penting yang sangat populer dan sudah dibudidayakan secara intensif. Dalam pengembangannya, pemerintah menyiapkan beberapa program Khusus untuk masing-masing komoditas tersebut.

Nila merupakan jenis ikan yang mudah dibudidayakan, baik di kolam, karamba, KJA, maupun di Sawah. Selain mampu memenuhi kebutuhan lokal, nila merupakan komoditas ekspor yang semakin hari semakin meningkat permintaanya.Untuk mengatasi kendala dalam pengadaan

induknya, pemerintah telah berupaya mengembangkan program INBUD (Intensifikasi Budi Daya) nila dan program BUPEDES (Budi Daya di Pedesaan), desiminasi teknologi, dan pengembangan NBC (National Broodstock Center atau Pusat Stock Induk National), sertifikasi benih, serta pengembangan BBI (Balai Benih Ikan) central dan lokal. Sentra pengembangan utama nila meliputi Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Utara.

Ikan Lele, usaha budi dayanya sudah berkembang pesat di masyarakat Indonesia. Permasalahan pokok yang dihadapi dalam budi daya ikan jenis ini adalah kurangnya penyediaan benih yang bermutu. Untuk itu dilakukan upaya pengembangannya melalui program BUPEDES, pemuliaan induk, pemanfaatan lahan marjinal, serta pengembangan BBI dan UPR (Unit Pembenihan Rakyat).Sentra pengembangan lele meliputi Provinsi Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah,Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Gurami merupakan komoditas air tawar yang mempunyai segmen pasar dan harga yang cukup tinggi.Meskipun masa pemeliharaannya cukup lama, tetapi usaha budi daya gurami cukup menguntungkan. Terlebih lagi dengan berkembangnya segmen-segmen usaha pemeliharaan sistem berjenjang; mulai dari pemeliharaan larva, pendederan, hingga pembesaran yang dapat mempersingkat periode usaha.

Ikan patin, jenis ikan ini bisa dibudidayakan di lahan marjinal, yakni lahan kritis seperti lahan yang tidak memiliki sumber daya air terus menerus atau (tanpa irigasi), tetapi bisa dijadikan sebagai kolam tadah hujan, atau lahan rawa yang kualitas airnya tidak terlalu bagus. Saat ini, permintaan pasarnya cukup menjanjikan, terutama pasar lokal untuk patin bangkok (warna daging merah) dan pasar ekspor untuk patin jambal (warna daging putih). Sentra pengembangan patin meliputi Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.


















BEBERAPA CARA UNTUK MENINGKATKAN PERTUMBUHAN IKAN

meningkatkan pertumbuhan ikan berarti meningkatkan pendapatan hasil budidaya. Pertumbuhan ikan yang relatif singkat akan mempercepat proses panen, sehingga perputaran uang pun akan cepat.

cara untuk meningkatkan pertumbuhan ikan :

1. Pakan

pemberian pakan yang tepat dan mencukupi akan mempengaruhi proses pertumbuhan. Ikan akan tumbuh optimum apabila diberi pakan yang tepat sesuai dengan kebutuhannya, pakan yang baik adalah pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap, yaitu cukup protein, lemak, karbohidrat, vitamin. Nutrisi yang berperan dalam membantu proses pertumbuhan ikan yaitu protein, karena protein berperan dalam meningkatkan pertumbuhan. jadi ketika akan membeli pakan maka hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kandungan protein pada pakan tersebut.

pemberian pakan harus cukup tidak lebih dan tidak kurang. Bila pakan yang diberikan kurang maka proses pertumbuhan ikan akan menjadi lambat, tetapi apabila pakan yang diberikan kepada ikan berlebih maka hal ini juga tidak baik, karena bila pakan berlebih dan tidak dimakan oleh ikan maka pakan tersebut akan menjadi busuk di dasar kolam, sehingga akan menurunkan kualitas air kolam, sehingga ikan tersebut akan rentan terhadap timbulnya penyakit.
pemberian pakan yang cukup yaitu sesuai dengan kebutuhannya pakan yang diberikan per hari berkisar antara 3 - 5% dari berat tubuh total ikan yang dipelihara.

2. Kualitas air

kualitas air yang baik akan membantu proses pertumbuhan ikan. kualitas air menyangkut pada parameter , suhu, pH, oksigen, kecerahan, amoniak.
sarat kualitas air kolam yang baik untuk pertumbuhan ikan yaitu :
1. suhu 25 - 30 derajat celcius
2. pH 6,5 - 8,5
3. Oksigen > 4 mg/l
4. Kecerahan 25 - 30 cm
5. Ammoniak (NH3) <0,01 mg/l 3. Pengelolaan dan penanganan ikan akan tumbuh dengan baik apabila pengelolaan dan penanganan nya dilakukan dengan baik. pengelolaan yang baik yaitu menyangkut pada cara pemberian pakan, pengontrolan kualitas air, pengontrolan hama penyakit, pengontrolan faktor luar lingkungan hidup.


4. Keturunan


pertumbuhan ikan yang baik adalah pada ikan yang mempunyai keturunan yang baik, induk yang jelas, dan benih ikan hasil seleksi. Jadi ketika akan memelihara ikan maka kita harus tahu asal usul dari ikan tersebut.

lintasberita

2 komentar:

hormon tumbuhan mengatakan...

PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

menyediakan test kit air untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

Obat Solusi wanita mengatakan...

thanks for sharing
082210743003 / 2BF0841D
jual obat penggugur kandungan
obat aborsi
jual obat telat bulan
obat telat bulan
obat aborsi ampuh
obat telat bulan manjur
obat aborsi manjur
obat terlambat bulan
jual obat telat datang bulan terbaik
obat aborsi terampuh
obat cytotec
agen obat aborsi ampuh
obat penggugur cytotec
obat penggugur kandungan
toko obat aborsi
agen obat cytotec
toko obat telat datang bulan
cytotec asli
aborsi ampuh cytotec
obat telat bulan cytotec
obat aborsi online
jual obat telat datang bulan manjur
jual obat aborsi
obat terlambat datang bulan

PERANGSANG WANITA POTENZOL

OBAT PERANGSANG WANITA TERMANJUR
POTENZOL CAIR
JUAL OBAT PERANGSANG WANITA
PERANGSANG WANITA POTENZOL
POTENZOL
POTENZOL obat perangsang
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG CAIR
POTENZOL ASLI
AGEN POTENZOL
PERANGSANG WANITA
PERANGSANG POTENZOL
OBAT PERANGSANG WANITA

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih bagi teman-teman yang sudi mampir di blog ini. bagi teman-teman kepengen tukar link silahkan isi id saya dengan format di bawah ini http://sinar-fals.blogspot.com/ name : dunia perikanan apabila sudah terpasang konfirmasi boleh melalui buku tamu. maka saya akan link balik blog teman-teman. link sahabat
  • DESPARADOS@MOVIE
  • BLOGING LIFE
  • Intlegent Blog
  • tipsh4re
  • bicara bola
  • Artikel Komputer
  • Berbagai Informasi
  • Panduan dan Tutorial Gratis
  • Areal Usaha
  • Gufron Dot Com
  • informasi seputar komputer dan bisnis online
  • Tutorial, tips, trik, Make Money
  • Dan seterusnya sesuai link yang akan dimasukan
  • Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.2
    Isi Menu 4.dst
     
     
     
    mari sama-sama kita tingkatkan trafik di linkreferral

    aaaaaaa


    Get this widget!